Hak hak seorang muslim terhadap saudaranya se islam




1.Hak hati

    Hak hati adalah hak-hak seperti kecintaaan seorang muslim terhadap saudaranya se islam, berprasangka baik kepadanya, lapang dada terhadapnya, berbahagia dengan apa yg menimpanya dari kebaikan dan bersedih atas keburukan yang menimpanya.

sebagai mana sabda rasullullah s.a.w :

    "perumpamaan orang-orang mukmin di dalam saling sayang menyayangi, kasih mengasihi dan berbelas kasihan antara mereka adalah seperti jasad" (H.R bukhari no.6011 dan muslim no.2586).


2.Hak lisan

     hak lisan adalah seperti membalas ucapan salam, mendo'akan orang yang bersin, memuji seseorang yang berhak mendapatkan pujian, mengajari orang yang bodoh, menyuruh kepada kebaikan dan melarang kemunkaran mendo'akan orang lain dan saling mengucapkan makna-makna cinta, janji setia, maaf memaafkan dan tanda-tanda akan kebaikan.

allah berfirman :

"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS. Al-A’raf Ayat 55),

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu." (QS.Al-gafhir Ayat 60)

Dan Rasullullah bersabda :;

"Do'a itu ibadah"

(HR. Ahmad no.18352, Atirmidzi no.2969)


3.Hak harta 

        Hak harta adalah seperti shodaqoh, zakat, berderma memberikan makankepada orang yang kelaparan, memberikan pakaian kepada orang yang sangat membutuhkan dan hak lainya yang telah allah titipkan pada harta-harta orang-orang muslim 

Allah SWT Berfirman :

"dan orang-orang yang dalam hartanya disiapkan bagian tertentu,

"bagi orang (miskin) yang meminta dan yang tidak meminta" (QS.Al Ma´aarij ayat 24-25).


        Di negara-negara berpenduduk muslim saat ini setiap harinya kita mendapati orang-orang yang berkesusahan, fakir, membutuhkan dan miskin, hal inilah yang di wajibkan kepada orang-orang muslim  baik keadaan ringan maupun sempit agar menginfakan hartanya kepada saudara-saudara muslim seperti mereka tersebut.


4.Hak tubuh

        hak tubuh adalah seperti menolong orang yang terdzolimi, membebaskan orang tertawan menolong orang yang meminta pertolongan dan membantu orang yang sedang berduka cita.

sebagaimana dalam Hadits :

"telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin musa dari hisyam bin urwah dari bapanya dari abu murawih dari abu dzar berkata :"aku bertanya kepada nabi amal apakah yang paling utama?",

Beliau menjawab:"iman kepada allah dan Jihad di jalannya",

Kemudian aku bertanya lagi :"pembebasan budak manakah yang paling utama?"

Beliau menjawab:"Yang paling tinggi harganya dan yang paling berharga hati Tuan nya",

Aku katakan:"Bagaimana kalau aku tidak dapat mengerjakanya?",

Beliau berkata :"kamu membantu orang yang terlantar atau orang bodoh yang tak punya keterampilan",

Aku katakan lagi :"Bagaima kalau aku tadk dapat mengerjakanya?",

Beliau berkata :"Kamu hindari manusia dari keburukan karena yang demikian berarti shodaqoh yang kamu lakukan untuk diri sendiri".

(HR. Al Bukhari no.2518 dan muslim no.84).